Rabu, 16 Januari 2019

Kenali Karakteristik Jurusan Kuliah Berikut Agar Tidak Salah Pilih Jurusan!

Ketika masuk SMA, tentunya kamu sudah mulai membayangkan bagaimana masa depanmu akan terbentuk. Sekarang, setelah kamu lulus SMA, sudah terbayang mau kuliah di jurusan apa?
Jika sudah, yakinkah jurusan tersebut sudah sesuai dengan minat dan kemampuanmu? Apabila pada tahap ini masih timbul keraguan dalam dirimu, maka kamu harus me-review kembali apa yang sesungguhnya menjadi passionterbesarmu, Quipperian.
Seperti yang Quipper Blog bahas pada artikel sebelumnya, bahwa tidak sedikit mahasiswa yang mengaku merasa telah salah dalam memilih jurusan setelah menjalani masa perkuliahan.
Bahkan, ada yang memilih jurusan karena dianggap “gampang” untuk masuk jurusan tersebut asalkan kampusnya merupakan Perguruan Tinggi Negeri (PTN).
Pandangan-pandangan tersebut terkadang memang terlihat sederhana, namun akan membuat kamu kesulitan dan menyebabkan ketertinggalan dalam memahami materi yang diajarkan karena tidak menjalaninya sepenuh hati.
Jangan sampai kamu terpaksa pindah jurusan dan/atau kampus, lulus lebih lama, dan yang terparah adalah menghadapi risiko di-drop out.
Oleh karena itu, kamu harus paham betul tentang jurusan-jurusan yang akan menjadi pilihan kamu dan bagaimana karakter mahasiswa yang cocok dengan jurusan tersebut, Quipperian.
Berikut adalah 10 penjelasan tentang jurusan dengan karakter dan lingkup ilmu yang bisa kamu temui di Universitas Bakrie. Telaah baik-baik, ya!

1. Karakteristik Jurusan Kuliah Teknik Sipil

Jurusan Teknik Sipil merupakan jurusan yang cocok bagi kamu yang tertarik pada bidang perancangan sarana dan prasarana serta infrastruktur teknik sipil, karena lulusan Teknik Sipil akan mampu menyusun perancangan dalam pembangunan suatu proyek bangunan, misalnya perancangan proyek pembangunan gedung, jembatan, jalan raya, bendungan, saluran, dan lain-lain.
Tidak hanya sekedar merancang, tapi lulusan Teknik Sipil juga akan mampu melakukan pembangunan, pengelolaan, pengendalian, dan pengawasan proyek pembangunan tersebut, Quipperian.

2. Karakteristik Jurusan Kuliah Akuntansi

Bagi kamu yang menyukai ilmu ekonomi terutama pada bidang akuntansi keuangan, akuntansi manajemen, perpajakan, dan pengauditan, maka jurusan Akuntansi adalah jawaban yang tepat.
Dengan menjadi mahasiswa akuntansi, kamu akan memiliki pengetahuan dan penguasan materi tentang keuangan dan ilmu ekonomi yang lebih baik dan lebih luas, baik secara konseptual dan praktikal, Quipperian.
Terlebih lagi bagi kamu yang berencana membuka suatu bisnis atau menjadi entrepreneur, belajar di jurusan ini akan membuatmu mampu mengelola keuangan bisnismu sendiri, lho!

3. Karakteristik Jurusan Kuliah Teknik Informatika

Kamu yang ingin menjadi bagian dari perkembangan teknologi, maka jurusan Teknik Informatika adalah jurusan yang tepat.
Informatika berkaitan dengan pemrosesan informasi dan rekayasa sistem. Lulusan Teknik Informatika akan mampu menguasai teknologi terkini dalam pemrosesan informasi berbasis jaringan komputer dan komunikasi data, serta dididik untuk mampu merancang, menggunakan, menganalisis, serta menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan pengolahan informasi dengan memaksimalkan penggunaan teknologi jaringan berbasis protokol internet.

4. Karakteristik Jurusan Kuliah Manajemen

Bagi kamu yang memiliki jiwa IPS tapi suka berpikir secara saintifik seperti anak IPA, tenang, karena jurusan Manajemen bisa menjadi jalan tengahnya!
Ilmu Manajeman adalah ilmu tentang pengelolaan. Misalnya, manajemen pemasaran mengerti bagaimana mengelola customer beserta dengan saluran-saluran distribusinya, dan masih banyak contoh manajemen lainnya.
Berpikir kritis dan kemampuan analisis adalah kemampuan utama yang akan dimiliki oleh mahasiswa manajemen, Quipperian.

5. Karakteristik Jurusan Kuliah Teknik Industri

Teknik Industri cocok banget untuk kamu yang memiliki ketertarikan pada produksi barang-barang yang menunjang kebutuhan hidup manusia, baik hardware, info-ware, orga-ware, techno-ware, dan human-ware.
Bidang keilmuan ini menghasilkan suatu keahlian yang unik, lho, yakni berupa kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah teknik secara sistematis dan terintegrasi dengan tujuan tercapainya optimalisasi, efektivitas, produktivitas maupun efisiensi.

6. Karakteristik Jurusan Kuliah Sistem Informasi

Jurusan Sistem Informasi pada dasarnya hampir serupa dengan Teknik Informatika, Quipperian.
Bedanya, Sistem Informasi mendukung kamu membangun suatu aplikasi atau jaringan untuk mempermudah pengumpulan data dan informasi suatu bisnis secara mandiri, sehingga bagi kamu yang memiliki usaha pribadi dapat mengembangkan teknologi bisnisnya sendiri.
Meskipun pada umumnya jurusan ini berada di Fakultas Teknik dan/atau Ilmu Komputer, tetapi di Universitas Bakrie jurusan Sistem Informasi diperuntukkan pula bagi siswa IPS, kok!

7. Karakteristik Jurusan Kuliah Teknik Lingkungan

Jurusan Teknik Lingkungan adalah jurusan yang terdekat bagi kamu yang peduli dengan lingkungan.
Lulusan Teknik Lingkungan akan mampu memecahkan masalah-masalah lingkungan di perkotaan dan industri, Quipperian.
Jika kamu menjadi mahasiswa Teknik Lingkungan, maka kamu pun secara tidak langsung melakukan tindakan sosial karena mampu melakukan pengelolaan lingkungan untuk melindungi kesehatan masyarakat dan lingkungan.

8. Karakteristik Jurusan Kuliah Ilmu Komunikasi

Ketertarikanmu pada bidang komunikasi dan media akan mengantarkan kamu pada jurusan yang satu ini. FYI, jurusan ini merupakan salah satu jurusan terfavorit di Indonesia, lho!
Jurusan ini akan mengantarkan kamu pada bagaimana setiap orang menyampaikan pesan dan bagaimana mereka menerimanya, yang ternyata lebih kompleks dari apa yang kita lihat sehari-hari, Quipperian.
Hal-hal seperti itu tentunya penting dalam mempromosikan sesuatu dan berpengaruh pada opini publik saat ini.

9. Karakteristik Jurusan Kuliah Teknologi Pangan

Teknologi Pangan bukan ilmu tentang bagaimana menciptakan suatu makanan, melainkan ilmu yang mempelajari bagaimana pengolahan dan pemanfaatan bahan pangan yang berkualitas.
Nah, jurusan ini pas untuk kamu yang memiliki ketertarikan pada produk pangan. Dengan belajar di jurusan ini, kamu pun bisa turut menjaga kualitas makanan dari nilai gizi, keamanan, rasa, dan harganya, Quipperian.

10. Karakteristik Jurusan Kuliah Ilmu Politik

Pembahasan tentang politik, seringkali membuat kesalahpahaman di masyarakat. Jika kamu ingin memperbaiki dunia pemerintahan dengan segala sistem aturan, kebijakan, serta kerja samanya dengan berbagai pihak, maka Ilmu Politik dapat menjadi tujuan kamu berikutnya.
Di Universitas Bakrie, jurusan Ilmu Politik terbagi lagi menjadi program Hubungan Internasional yang memperdalam tentang bagaimana mengatur hubungan kerja sama internasional dengan negara sahabat, dan ada pula program Kebijakan Publik yang mempelajari ilmu dalam menganalisa maupun mengevaluasi kebijakan yang ada di pemerintahan.

Nah, dari 10 jurusan di atas, mana yang paling mendekati karaktermu, Quipperian?
Jika kamu masih bingung juga, kamu bisa cek informasi lengkap dari jurusan tersebut dan beberapa jurusan lainnya di website Universitas Bakrie, ya. Ingat, pastikan kamu benar memilih kampus dan jurusan yang tepat, Quipperian!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar